Blog tentang internet dan Blogging Tips

Saturday 29 October 2011

Dial Gauge

DIAL GAUGE

Dial gauge adalah alat ukur yang mutlak ada saat kita melakukan proses overhaul, tool ini sangat penting untuk mendapatkan data-data yang sangat kritikal, seperti:  end play, backlash, bending, protrusion liner, valve sinking, dan sebagainya.

Dial gauge ini adalah tools yang tidak bisa berdiri sendiri, ia harus dipasangkan dengan suatu alat bantu yang dinamakan: Magnetic Base, sebagai pemegang dial gauge dan berfungsi mengatur posisi dari dial gauge (tinggi-rendahnya, kemiringannya) pada tempat atau permukaan benda yang diukur. 

CARA PEMBACAAN SKALA DIAL GAUGE

Untuk dial gauge metric (mm), skala utama ditunjukan dengan jarum panjang (long hand), satu putaran jarum panjang (dari nol ke nol = 100 strip) menunjukan skala 1 mm, dan akan ditunjukan dengan pergerakan jarum pendek (short hand) sejauh  1 strip yang berarti probe spidle bergerak sejauh 1 mm. Satu putaran jarum pendek (short hand) dari nol ke nol sebanyak 10 strip atau sama dengan 10 x 1 mm = 10 mm atau 1 cm. Sehingga tingkat akurasi (1 strip jarum panjang) dial gauge metric adalah 1 mm dibagi 100 strip sama dengan 0,01 mm.

Untuk dial gauge English (inch), skala utama ditunjukan dengan jarum panjang (long hand), satu putaran jarum panjang (dari nol ke nol = 100 strip) menunjukan skala 0,1 inch, dan akan ditunjukan dengan pergerakan jarum pendek (short hand) sejauh 1 strip yang berarti probe spindle bergerak sejauh 0,1 inch. Satu putaran jarum pendek (short hand) dari nol ke nol sebanyak 10 strip atau sama dengan 10 x 0,1 inch = 1 inch. Sehingga tingkat akurasi (1 strip jarum panjang) dari dial gauge English (inch) adalah 0,1 inch dibagi 100 strip sama dengan 0,001 inch.


KETERANGAN
  • Apabila probe spindle bergerak memendek/masuk, maka jarum panjang maupun pendek akanberputar searah jarum jam (skala jarum panjang bergerak maju dari angka 0 menuju angka 10, 20 ….dst. dan jarum pendek bergerak dari angka 0 menuju angka 1, 2 .. dst)
  • Apabila probe spindle bergerak memanjang/keluar, maka jarum panjang maupun pendek akan berputar berlawanan arah jarum (skala jarum panjang bergerak mundur dari angka 0 menuju, 90, 80 …dst. dan jarum pendek bergerak dari angka 0 menuju angka 9, 8 . . .dst)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.