Blog tentang internet dan Blogging Tips

Monday 14 November 2011

Apa itu O-ring

O-ring dapat berfungsi sebagai dynamic seal maupun static seal yang terpasang didalam groove dan berfungsi untuk mencegah kebocoran antara dua part yang direkatkan dan diikat secara mekanikal, jika kedua part tersebut menempel tidak rata maka akan berakibat adanya kebocoran fluida ataupun gas.

Penanganan maupun pemasangan o-ring yang kurang baik, dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran pada komponen.
O-ring juga memiliki spesifikasi (material) khusus, jadi tidak bisa sembarangan menggunakan o-ring untuk bagian komponen tertentu hanya berdasarkan fisiknya (tebal dan diameternya) saja yang sama. Spesifikasi khusus tersebut dapat kita ketahui dengan adanya kode warna pada o-ring tersebut maupun warna pada bagian melingkar dari o-ring berupa titik-titik warna merah, biru, hijau kuning, putih atau lainnya.
 
O-RING KES

Part number o-ring menurut KES (Komastu Engineering Standar) menggunakan 10 digit dengan part number 5 digit pertama adalah 07000, tetapi ada juga beberapa o-ring khusus yang 5 digit pertamanya tidak menggunakan part number 07000.

Berikut penjelasan mengenai part number o-ring:

 
KLASIFIKASI CODE & MATERIAL CODE UNTUK O-RING KES

MATERIAL CODE UNTUK O-RING 07000 (digit ke-enam)


DIMENSION CODE O-RING (digit ke tujuh)


DIMENSION CODE O-RING (tiga digit terakhir)

Tiga digit terakhir menerangkan  dimensi untuk inside diameter, contoh: angka 021 artinya inside diameter o-ring adalah 21 mm, sedangkan angka 210 artinya inside diameter o-ring adalah 210 mm.
Contoh soal:   Berapakah part number untuk o-ring dengan 1 titik biru, cross section 3,5 mm dan inside diameter 35 mm  ?

Jawab:           O-ring dengan 1 titik biru berarti 07000-0, dengan cross section 3,5 mm berarti 07000-03, kemudian dengan inside diameter 35 mm berarti 07000-03035.

Demikian penjelasan mengenai o-ring berikut kode-kode yang ada pada o-ring KES (Komatsu Engineering Standard) dengan part number 07000-xxxxx.

Untuk mengetahui cara pemasangan o-ring yang benar agar tidak bocor bisa lihat disini. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara material dan kekerasan o-ring dengan temperatur kerja dan tekanan kerja bisa lihat disini.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.