Blog tentang internet dan Blogging Tips

Wednesday 30 November 2011

KOMTRAX : Komatsu Machine Tracking System

KOMTRAX merupakan singkatan dari Komatsu Machine Tracking System yang menggunakan state-of-the-art teknologi komunikasi bergerak dan berbasis internet untuk mengetahui rekam jejak pada alat konstruksi, misalnya tentang lokasi alat terkini, waktu operasi, jumlah bahan bakar yang tersisa, informasi vehicle cautionary dan jadwal penggantian consumable parts. Saat ini KOMTRAX sudah menjadi fitur standar untuk alat konstruksi berukuran kecil dan menengah.
 
KOMTRAX (Komatsu Machine Tracking System) adalah sistem inovasi baru yang memanfaatkan teknologi komunikasi mobile dan teknologi internet yang sedang berkembang. Sistem ini memungkinkan karyawan di kantor untuk memperoleh akses ke mesin dan data yang sebelumnya hanya bisa diakses di lapangan, seperti posisi mesin saat ini, service meter (hour meter) dan pembacaan alat ukur bahan bakar, indikasi masalah mesin, dan waktu penggantian suku cadang. KOMTRAX menyediakan “Total Fleet Management System” yang mampu untuk meningkatkan pemanfaatan armada alat berat, mengurangi downtime, efektifitas biaya kerja, serta menurunkan biaya kepemilikan dan operasi.

KOMTRAX memudahkan anda untuk mengontrol keadaan mesin dengan memberikan informasi penting tentang peralatan dan operasi mesin. Tanda-tanda tidak wajar pada mesin akan diinformasikan kepada PT United Tractors Tbk (UT) sebagai distributor resmi Komatsu, seperti masalah serius yang terjadi, memungkinkan untuk dukungan yang lebih baik, pengurangan biaya, dan mengurangi downtime. 
 
Cara Kerja
 
Alat berat yang menggunakan terminal KOMTRAX berfungsi untuk mengumpulkan data-data sebagai berikut:
  1. informasi lokasi, dengan menggunakan sebuah penerima global positioning system (GPS) internal.
  2. informasi dari berbagai sensor dan controller dari alat tersebut. Data ini disiarkan ke web server Komatsu melalui satelit. Server menyimpan informasi yang diterima dari setiap alat di sebuah basis data dan data ini dapat diakses oleh para pelanggan, sales atau perusahaan rental.
Tujuan KOMTRAX
 
KOMTRAX memungkinkan para pelanggan untuk melacak jejak dari lokasi, status dan kondisi operasi alat konstruksi tersebut. Dengan menggunakan KOMTRAX dapat dipastikan alat berat akan terdekteksi mengenai jadwal perawatan berkala, perawatan preventive dan yang lainnya. Selain memberikan rasa aman dan produk yang handal kepada pelanggannya, Komatsu juga (1) meningkatkan efisiensi dari operasi konstruksi dengan meningkatkan kecepatan operasi dan (2) memungkinkan pemakaian yang efektif dari sumber daya perawatan yang sesuai sehingga para pelanggan dapat menggunakan alat mereka pada kondisi yang optimum setiap saat. KOMTRAX dapat dijalankan pada PC melalui web application dengan memasukkan user id dan password pada website application KOMTRAX: https://ww-komtrax.komatsu.co.jp/kap/ww/login.aspx.
 
Pemantauan operasi mesin dapat memfasilitasi penjadwalan pemeliharaan yang tepat dan dapat menunjukkan potensi masalah yang akan terjadi. Operator memantau dan menyediakan produktifitas yang akurat serta berbagai informasi, yang akan meningkatkan efisiensi dan membantu pelatihan operator baru. Sebagai tambahan, aplikasi KOMTRAX melalui Website dapat memudahkan anda untuk mengumpulkan, memeriksa dan mengelola semua informasi kapan saja dan dimana saja. 


Fleet Summary
Tabel working status sehari-hari menunjukkan kelengkapan armada dan laporan tentang berapa jam setiap mesin bekerja setiap hari.
Lokasi
KOMTRAX memanfaatkan jaringan satelit posisi secara global untuk memberitahu Anda di mana mesin Anda setiap saat; dilengkapi dengan logistik, jadwal bahan bakar, dan jadwal pemeliharaan, serta mengurangi bahkan menghilangkan kemungkinan pencurian dan atas pemakaian yang tidak disetujui.
Daerah Operasi (Geofence)
PT United Tractors Tbk sebagai distributor tunggal produk Komatsu di Indonesia dapat membantu dalam menciptakan daerah operasi (Geofences) yang menunjukkan di mana mesin-mesin Anda diharapkan untuk beroperasi. Jika dari laporan posisi yang diterima, mesin berada di luar wilayah yang ditetapkan, peringatan akan diberitahukan dan ditampilkan secara online.

Service Meter Reading
Jam kerja peralatan dapat dilacak berdasarkan kegunaannya termasuk service dan jadwal pemeliharaan. Hal ini dapat mengurangi keberadaan karyawan di daerah operasi atau bergantung pada bagian lain untuk dihubungi dalam waktu-waktu tertentu.

Peta Operasi
KOMTRAX memberitahu anda kapan mesin beroperasi, apakah mesin bekerja ketika seharusnya bekerja.
 
Level Bahan Bakar
Informasi level bahan bakar membantu anda untuk mengelola jadwal pelayanan bahan bakar dan dapat membantu menggolongkan mesin mana yang bekerja paling berat. Bar A 15 pada grafik menunjukkan berapa banyak bahan bakar di dalam tangki pada penghujung hari.
 
Overheating
Komtrax memonitor suhu mesin pendingin. Sebuah peringatan akan ditampilkan jika melebihi batas. Peringatan ini dapat melindungi Anda dari perbaikan yang mahal.

Peringatan
Anda akan tahu bila lampu peringatan berkedip di dalam kabin. Peringatan hati-hati, dan kapan terjadinya, serta jumlah kejadian, akan ditampilkan pada website anda untuk diperiksa.

Abnormality Codes
Kode-kode abnormal pada mesin hanya akan disampaikan kepada UT sebagai distributor Komatsu sehingga teknisi dapat memecahkan masalah pada mesin sebelum tiba di tempat kerja. Hal ini akan mengurangi biaya perjalanan, downtime, dan memastikan bahwa peralatan sudah siap ditangani mekanik.

Penjadwalan Pemeliharaan
Sebuah tanda akan mengindikasikan perlunya beberapa penggantian seperti penggantian filter dan minyak, untuk meningkatkan produktifitas mesin, penjadwalan pemeliharaan, dan masa hidup peralatan yang lebih lama. Setiap penggantian dari jenis perawatan akan dicatat pada panel monitor, dan informasi itu dikirim ke Komtrax. Dalam Komtrax, anda dapat melihat riwayat perawatan lengkap dari mesin Anda.

Jam Kerja
Informasi operasi secara rinci akan memberitahu anda bagaimana dan kapan mesin sedang digunakan dan seberapa produktif mesin dan operator anda. Sangat mudah untuk mengikuti grafik yang tertera untuk menunjukkan mesin tepat waktu, waktu kerja sebagai refleksi dari katup tekanan, dan lampiran waktu pengoperasian.

Load Frequency
Mengetahui tingkat tekanan hidrolik dan muatan mesin, dapat membantu anda untuk membuat jadwal penggantian komponen yang lebih baik dan mencegah kegagalan besar. Ini juga berfungsi sebagai tanda peringatan dini untuk potensi situasi underload atau overload dan dapat memberitahu apakah anda menggunakan ukuran mesin yang tepat pada tugas tersebut.

Engine Lock
Jumlah kemampuan mesin untuk mengunci dan mengaktifkan lock menjamin bahwa mesin anda hanya dioperasikan di daerah yang ditentukan dan selama hari serta waktu yang ditentukan.

Konsumsi bahan bakar rata-rata per Jam
Diambil dari katup injeksi bahan bakar, Anda bisa mendapatkan berapa bahan bakar yang sebenarnya dikonsumsi dan bahan bakar rata-rata selama periode operasi. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi mesin yang bekerja terlalu keras, atau tidak cukup keras, dan juga mungkin perlu perawatan. Selain itu, akan membantu anda mengatur jadwal pengiriman bahan bakar dan menghitung total biaya untuk daerah operasi.

Informasi operasi mesin
Informasi operasi kunci seperti penggalian, perjalanan, menggali, relief, dan hoist times dapat membantu untuk memantau kinerja operator dan membantu pelatihan operator baru.

Data bulanan dan Laporan Tahunan
Ringkasan dari semua data penting yang tersedia berguna untuk membantu analisis pemanfaatan armada, penjadwalan mesin, pembelian peralatan berikutnya, biaya pekerjaan, dll.

Sumber: United Tractors

  1 comment:

  1. Selamat Siang,,, mau tanya,,, bagaimana mengakses kembali ke sistem komtrax,, setiap masuk dengan nama user id dan pasword selalu tertolak,,, dimana letak kesaahan tsb... terakhir masih bisa kami akses tahun 2017... mohon petunjuk.. Salam.. Suarman Sultra..

    ReplyDelete

Popular Posts

Powered by Blogger.